RSS

LKMA-I, Para Perintis Masa Depan

15 Jan

adhri729Pada tanggal 26-28 desember 2008 yang lalu, saya sempat mengikuti acara Latihan Kepemimpinan Mahasiswa Aceh pertama (LKMA-1) yang diadakan oleh KAMABA (keluarga masyarakat Aceh Bandung). Acara ini mengambil tempat di Asrama Aceh Teuku Umar Jalan Cicendo nomor 9, Bandung. Disana, semua peserta dikarantina selama 3 hari 3 malam dan tidak diperbolehkan meninggalkan tempat pelaksanaan acara kecuali karena kepentingan mendesak dan penting. Penginapan dan Konsumsi selama berlangsungnya acara disediakan oleh panitia. Semuanya serba gratis, tidak perlu mengeluarkan se-rupiahpun. Yang harus peserta lakukan hanya mengorbankan 3 hari 3 malam untuk tidak berada di kosan/rumahnya dan sedikit lebih bekerja keras karena acara dimulai setiap jam 06.00 pagi dan berakhir jam 00.00 tengah malam.

Ketua pelaksana acara ini adalah Muhammad Daud, ST., MT atau dikenal juga dengan sebutan Syech Daud, seorang Dosen Universitas Malikussaleh yang sedang mengambil gelar S-3 di Teknik Elektro ITB. ” Ini adalah acara pertama yang diadakan KAMABA terkait dengan Latihan Kepemimpinan. Dari pertama berdirinya KAMABA sampai sekarang belum pernah sekalipun acara seperti ini terlaksana”. Itulah selintas yang disampaikan Ketua Pelaksana dalam sambutannya.

Sebenarnya, acara LKMA-1 ini merupakakan satu rangkaian dengan acara Peringatan 4 tahun Tsunami yang bertepatan dengan tanggal 26 desember 2008 yang juga mengambil tempat di Asrama Teuku Umar. Pada malam peringatan 4 tahun tsunami (malam tanggal 27-12-2008), banyak tokoh-tokoh terkemuka Aceh yang hadir. Mulai dari mantan KAJATI NAD sampai mantan Gubernur NAD Abdullah Puteh dan juga anggota DPR-RI Nasir Djamil terlihat ikut berpartisipasi dalam acara ini. Hampir semua masyarakat Aceh yang ada di Bandung hadir ke Asrama Teuku Umar untuk mengenang kembali peristiwa kemanusiaan terdahsyat abad ini. Pembacaan doa dan Zikir bersama untuk korban tsunami dipimpin oleh Syech daud. Acara ini berlangsung dengan sangat khidmat, penuh penghayatan dan perenungan.

Banyak ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan dengan mengikuti acara ini. Ilmu Sosial, Soft Skill yang tidak bisa Saya dapatkan di kuliah. Ilmu yang telah membuka wawasan saya dan mengilhami cara berpikir saya. Disamping itu, saya juga bisa memperluas relasi dan menambah teman baru serta mempererat silaturrahmi dengan sesama Mahasiswa Asal Aceh yang kuliah diberbagai Universitas di Bandung dan Jabar. Saya tidak akan menyesal mengikuti LKMA-1 ini karena semua pengorbanan yang saya lakukan benar-benar mendapat balasan yang setimpal. Balasannya bukanlah berupa materi, tetapi sesuatu yang lebih dahsyat dari materi yaitu Ilmu Pengetahuan. Kalau saya tidak mengikuti acara ini, belum tentu saya akan bisa “mencuri” ilmu dari Prof-Prof yang menjadi Pemateri dan ilmu dari pemateri-pemateri lainnya. Mungkin dengan Pelayanan yang serupa dan pemateri yang sama di tempat lain saya harus membayar minimal 1 juta rupiah. Tapi di LKMA-1 ini saya tidak perlu takut dengan biayanya karena semuanya free.

Ada 3 tujuan pelaksanaan acara LKMA-1 ini sesuai dengan laporan panitia yaitu :

  1. Memberikan pengetahuan manajemen dan kepemimpinan agar dapat meningkatkan wawasan kepemimpinan peserta.
  2. Melatih keterampilan manajemen dan kepemimpinan agar peserta mampu mengelola sebuah organisasi.
  3. Membentuk sikap dan perilaku pemimpin yang efektif agar dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Semua tujuan diatas bermuara kesatu harapan yaitu tersedianya calon-calon pemimpin daerah Aceh dan Indonesia di masa depan yang berasal dari kalangan mahasiswa yang sudah menjalankan tugas pendidikan formalnya secara sukses dan memiliki bekal pengetahuan serta keahlian untuk menjadi pemimpin.

Adapun materi yang dibahas selama berlangsungnya acara yaitu :

  1. Pengenalan diri dan pengembangan diri
  2. Manajemen organisasi
  3. Kepemimpinan organisasi
  4. Komunikasi efektif
  5. Problem solving
  6. Simulasi – games
  7. Kearifan lokal/keacehan

Para pemateri yang diundang oleh panitia memang orang-orang hebat yang namanya dan hasil karyanya tidak perlu diragukan lagi yaitu:

  1. Prof. Emr. AD. Pirous (Guru Besar ITB / Pembina KAMABA)
  2. Prof. Dr. Rusli Ghalib, MSP (Guru Besar UNPAD / Ketua Yayasan KAMABA)
  3. Prof. Dr. Bachtiar Hasan, MSIE (Guru Besar UPI / Ketua Yayasan Yudhistira)
  4. Dr. Ir. Kamal A. Arif (Dosen UNPAR / Ketua Majelis Adat Aceh Perwakilan JABAR)
  5. Dr. Said Aziz, M.Sc (Ketua KAMABA / Ketua FOMAJA / Calon DPD Aceh)
  6. Nasir Djamil S.Ag (Anggota DPR-RI asal NAD)
  7. Dr. Eng. T. A. Sanny, M.Sc (Dosen ITB / Salah Satu Petinggi BRR)
  8. Ir. T. Muda Aryadi, MM (Ketua I KAMABA / PMSM JABAR)
  9. Drs. T. Zilmahram, M.Si (sekretaris KAMABA / PT. Telkom)
  10. Ir. Masri MN (PT. DI / Sekretaris MAA perwakilan JABAR)
  11. Drs. Ernawan K.S, MBA, CIQA (HIPPI JABAR / Ketua PMSM JABAR / Konsultan SDM)

Sedangkan peserta yang hadir mencapai 33 orang yang berasal dari elemen-elemen pendukung KAMABA yaitu :

  • a. Mahasiswa Aceh Penghuni Asrama Cicendo, Bandung
  • b. Mahasiswa Aceh Penghuni Asrama Belimbing, Bandung
  • c. Mahasiswi Aceh Penghuni Asrama Pocut Baren, Bandung
  • d. Mahasiswa Aceh Penghuni Asrama T. Nyak Makam, Jatinangor
  • e. Mahasiswa Aceh yang tergabung dalam Unit Kebudayaan Aceh – ITB, Bandung

 
1 Comment

Posted by on January 15, 2009 in Uncategorized

 

Tags:

One response to “LKMA-I, Para Perintis Masa Depan

  1. T. Zilmahram

    January 16, 2009 at 3:44 am

    Bagus sekali Ridha tulisannya dan juga blog-nya sangat menarik. Masa muda seperti kamu adalah masa untuk berinvestasi seluas-luasnya melalui berbagai kegiatan termasuk LKMA ini. Investasi yang sangat penting adalah membangun relasi dan jaringan sosial. Banyak bukti menunjukkan orang yg sebelumnya “bukan apa2” menjadi “orang yg sangat diperhitungkan” karena kemampuan membangun relasi dan jaringan sosial. Okay selamat beraktivitas semoga sukses selalu. Salam. Zil

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: