RSS

Historical Profiles

15 Jan

Alessandro Antonio Volta (1745-1827) adalah seorang physicist berkewarganegaraan Italy yang berhasil menemukan baterai elektrik dan menetapkan aliran elektrik menerus yang pertama dan kapasitor. Lahir dari keluarga bangsawan di Como, Italy, Volta sudah melakukan eksperimen elektrik ketika masih berusia 18 tahun. Baterai, penemuannya pada tahun 1796 berhasil merevolusi penggunaan elektrik. Publikasi tentang hasil kerjanya pada tahun 1800 menandai dimulainya teori circuit electric. Volta menerima banyak penghargaan selama hidupnya. Satuan dari beda potensial dinamakan dengan Volt sebagai bentuk penghargaan atas penemuan-penemuannya.

Andre Marie Ampere ( 1775- 1836 ), seorang ahli matematika dan fisika berkebangsaan Prancis yang berhasil menetapkan fondasi dari elektrodinamik . Dia mendefinisikan tentang Arus Listrik dan mengembangkan cara untuk menghitungnya pada tahun 1820an. Lahir di Lyons, Prancis, Ampere berhasil menguasai bahasa latin hanya dalam beberapa minggu ketika baru berusia 12 tahun. Hal ini karena ketertarikannya terhadap matematika dan banyak buku terbagus tentang matematika yang berbahasa Latin. Dia adalah seorang scientist yang sangat brillian dan penulis yang sangat mahir. Dia merumuskan tentang hukum elektromagnetik. Dia menemukan electromagnet dan Ammater. Namanya diabadikan dalam satuan Arus Listrik, ampere untuk menghormati jasa-jasanya.

Georg Simon Ohm (1787- 1854) adalah seorang ahli fisika Jerman yang pada tahun 1826 melalui eksperimentnya berhasil menentukan hukum yang paling dasar yang berhubungan dengan Beda Potensial dan Arus untuk sebuah resistor. Hasil penemuannya ini sempat ditunda karena mendapatkan banyak kritikan sebelum akhirnya disetujui. Lahir dalam keluarga sederhana di Erlangen, Bavaria, Ohm melibatkan dirinya dalam research electric. Usahanya melahirkan hukum yang sangat terkenal . Dia berhasil mendapatkan penghargaan Copley Medal pada tahun 1841 dari Royal Society of London. Pada 1849, dia mendapatkan gelar Professor of Physics Chair dari University of Munich. Untuk menghargai usahanya, maka satuan dari hambatan diberi nama Ohm.

Gustav Robert Kirchoff (1824- 1887) adalah seorang Ahli Fisika berkebangsaan Jerman yang berhasil menetapkan 2 hukum dasar tentang hubungan antara Arus listrik dan Beda Potensial dalam rangkaian Listrik. Hukum Kirchoff dan Hukum Ohm merupakan dasar dari teori rangkaian / circuit. Dia dilahirkan sebagai anak seorang Pengacara di Konigsberg, Prussia timur. Pada usia 18 tahun, Kirchoff memasuki University of Konigsberg dan menjadi akhirnya menjadi Dosen di Berlin. Hasil kerjanya berkolaborasi dengan ahli kimia Jerman Robert Bunsen tentang Spectroscopy berhasil menemukan Cesium pada tahun 1860 dan Rubidium pada tahun 1861. Kirchoff juga berjasa dalam Kirchoff Law of Radiation. Kirchoff sangat terkenal kalangan engineers, chemists and Physicists.

Michael Faraday (1791-1867) adalah seorang ahli kimia dan Fisika yang berkebangsaan Inggris. Lahir dekat London. Dia adalah seorang experimentalist terbesar yang pernah hidup. Untuk mewujudkan mimpi masa kecilnya, akhirnya dia bekerja dengan Ahli Kimia yang sangat terkenal. Sir Humphry Davy di Royal Institution. Dia bekerja disana selama 54 tahun. Dia berhasil melahirkan beberapa kontribusi di semua area Physical Science. Dia berhasil menciptakan konsep tentang Elektrolisis, Anoda dan Katoda. Penemuannya tentang Induksi Electromagnetik pada tahun 1831 merupakan sebuah penemuan luar biasa yang berhasil mengetahui cara menghasilkan listik. Motor elektrik dan Generator bekerja atas konsep ini. Satuan dari Kapasitansi diberi nama Farad sebagai penghargaan atas penemuan-penemuannya.

Joseph Henry ( 1797-1878), seorang ahli fisika Amerika yang berhasil menemukan Induktan dan menciptakan motor elektrik. Dilahirkan di Albany, New York. Dia lulus dari Albany Academy dan mengajar filosofi di Princeston University dari tahun 1832-1846. Dia adalah sekretaris pertama Smithsonian Institution. Dia memimpin beberapa eksperiment tentang electromagnetism dan mengembangkan electromagnet yang sangat powerful yang dapat mengangkat objek yang beratnya ribuan pounds. Sebenarnya, Henry lebih dulu menemukan konsep tentang electromagnetism sebelum Faraday, tetapi dia gagal mempublikasikannya. Satuan dari Induktan diberi nama Henry untuk menghargai jasa-jasanya.

Heinrich Rudorf Hertz (1857-1894) adalah seorang experimental Physicist asal Jerman yang berhasil membuktikan gelombang elektromagnetik mengikuti hukum dasar dari cahaya. Hasil kerjanya ini berhasil membuktikan teori dari James Clerk Maxwell dan prediksi dari adanya gelombang. Hertz dilahirkan dalam keluarga kaya di Hamburg, Jerman. Dia belajar di University of Berlin dan mendapatkan gelar doktornya dibawah bimbingan seorang Physicist terkemuka Hermann Von Helmhortz. Dia menjadi Professor di Karlsruhe. Tempat dimana dia memulai penyelidikannya tentang gelombang electromagnet. Dia berhasil menghasilkan dan mendeteksi gelombang elektromagnetik. Dia adalah yang pertama membuktikan bahwa Cahaya adalah gelombang elektromagnetik. Pada tahun 1887, Hertz mencatat untuk pertama kalinya efek photoelectric pada electron dalam molecular structure. Walaupun Hertz hanya hidup sampai usia 37 tahun, penemuannya tentang gelombang elektromagnetik berhasil membuka jalan dalam pemanfaatan gelombang untuk Radio, televise dan system komunikasi lainnya. Satuan dari Frekuensi diberi nama berdasarkan namanya, Hertz.

Sumber : “fundamentals of electric circuit” karya Charles K. Alexander dan Matthew N.O Sadiku

Diterjemahkan oleh : Ridha Adhari

 
1 Comment

Posted by on January 15, 2009 in Uncategorized

 

Tags:

One response to “Historical Profiles

  1. Dewayne

    January 16, 2015 at 9:10 am

    Hi admin do you need unlimited articles for
    your website ? What if you could copy post from other sources, make it pass copyscape test and publish on your blog
    – i know the right tool for you, just search in google:

    Ziakdra’s article tool

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: