RSS

i don’t love my campus, i just love the name only

18 Dec

Sore itu, aku sedang bersantai ria di himpunan mahasiswa teknik geofisika sambil menunggu dimulainya rapat. Tiba-tiba datang seorang teman dan perhatian akupun beralih ke dia. Ada satu hal yang unik. Perhatianku tertuju kepada baju yang dikenakannya. “I don’t love my campus, I just love the name only”. Itulah yang tertulis di bagian depan bajunya.

Sambil tersenyum, aku langsung berkomentar.”wah…bajunya keren, apalagi tulisannya”. Dia rupanya senang dengan sanjunganku tadi, dan dia membalas : “kerenkan… Ini baju langka lho…hanya untuk orang-orang special kayak aku aja …hehehe ”. sambil tersenyum diapun mengakhiri perbincangan sore itu.
Ketika dia membelakangiku, aku baru tahu kalau dia membeli baju itu di TOKEMA ( karena ada cap tokemanya ). Sebuah toko serba ada yang merupakan bagian dari itb dan menjual beraneka ragam kebutuhan mahasiswa mulai dari alat tulis kantor, makanan dan minuman, majalah dan buku serta baju, jaket, sweater khusus bermerekkan itb.

Tak bisa dipungkiri, memang banyak mahasiswa itb yang mengeluh dengan ketatnya jadwal kuliah dan tugas –tugas yang diberikan. Tapi aku yakin tidak akan ada satu orangpun yang bersedia di DO atau mengundurkan diri hanya karena alasan semacam itu. Mereka benci itb, tapi tidak mau kehilangan itb. Dan tulisan di baju tadi “I don’t love my campus, I just love the name only” cukup untuk merepresentasikan perasaan terpendam dari sebagian mahasiswa itb.

Tulisan itu simple, tapi maknanya cukup dalam. Sebagai “world class university”, bisa kuliah di itb tentu punya gengsi tersendiri. Setiap orang tua pasti akan senang kalau anaknya bisa menjadi bagian dari itb. Dari namanya dan reputasinya, orang-orang sudah yakin kalau standar yang diterapkan di itb berbeda dengan yang diterapkan di universitas lain.

Kalau dibandingkan dengan universitas-universitas tingkat dunia lainnya, mungkin dalam segi sarana prasarana itb masih kalah. Bangunan fisik itb juga sudah banyak yang berusia tua dan ketinggalan zaman. Namun nama “itb” bisa menutupi kekurangan tersebut. Tidak ada masalah mau kuliah di tempat seperti apa, asalkan masih ber-nama-kan itb, there’s no problems.

Sebenarnya, penyebab utama banyaknya orang terpesona dengan nama “itb” adalah dunia kerja. Banyak cerita yang menyebutkan bahwa lulusan itb mudah mendapatkan kerja. Tapi, menurutku memperlihatkan “ijazah itb” bukanlah kunci untuk bisa masuk sebuah perusahaan. Kualitas diri kitalah yang utama dan penentu ketersediaan lowongan kerja buat kita. Untuk apa kita lulus itb, tapi skill dalam bidang keilmuan kita rendah. Semua perusahaan tidak membeda-bedakan applicant yang melamar di tempat dia. Skill yang kita tawarkan adalah apa yang mereka cari. Semakin tinggi skill kita, walaupun kita bukan lulusan itb tetap saja kemungkinan lulus seleksi kita lebih besar. Jadi, mulai sekarang mari kita tingkatkan skill kita, soft skill,hard skill dan skill-skill lainnya.

 
5 Comments

Posted by on December 18, 2008 in Uncategorized

 

Tags:

5 responses to “i don’t love my campus, i just love the name only

  1. undagikausar

    January 2, 2009 at 7:55 am

    wew,, orang Itb. . . .
    bade nyusul ah, kang..
    kelas 3 neeh,,
    minta info sekalian doa ny we,kang..
    hatur nuhun..

     
  2. NIEZ

    December 28, 2008 at 3:25 pm

    aaarggggggggghh…jad inget obsesiku dulu….

    MSUK ITB…tapi gak kesampeanh..huks2.. T.T

    cuma masuk ITS…tapi di ITS aja udah stres kayak gini…palagi masuk ITB yak?? tambah triple kale’ depresinya..hehehe.,.

     
  3. Exude

    December 22, 2008 at 3:56 am

    Nice blog to visit. It’s all about your faculty right..?? Cool!
    Semangat ya Dha…

     
  4. fatarana

    December 18, 2008 at 1:42 pm

    iya…baru blajar juga ni…hehehe

     
  5. liza

    December 18, 2008 at 2:59 am

    ooooh ini blognya ridha yaaaa,…liza liat di acehblogger community

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: