RSS

Babad Laut Selatan, Nyi Loro Kidul

07 Feb

“………………..inilah legenda laut selatan Syahdan pada masa Prabu Siliwangi memerintah. Lahirlah seorang putri dari rahim Sang Permaisuri. Dengan kecantikan yang melebihi sang ibunda…………………ia dinamai Putri Kadita, putri nan cantik jelita.

Siapa nyana………kebaikan hati dan kecantikan Putri Kadita menimbulkan rasa iri para selir………yang takut tersisih dari hadapan Sang Prabu.

Terjadilah suatu persekongkolan penuh intrik. Mendadak Permaisuri dan Sang Putri menderita sakit kulit di sekujur tubuhnya. Tak satupun tabib penjuru negeri yang mampu menyembuhkannya. Dibawah pengaruh sihir para selir, sang Prabu mengusir keduanya dari keraton. Dari tanah Padjajaran……………….

Dimulailah suatu pengembaraan tanpa tujuan……..tidak tahan dengan penderitaan ini, Sang Permaisuri pun mangkat dalam pengembaraan.

Mencoba untuk tabah, Putri Kadita terus berjalan ke selatan…..ke ujung dunia. Sampai akhirnya tibalah dia di batas daratan……..disebuah bukit terjal di pantai Karang Hawu. Dengan deburan ombak dahsyat dan pemandangan alam nan indah. Tidak terasa dalam kekaguman memandang keindahan alam ini, Sang Putri tertidur pulas.

Dalam mimpinya, muncul orang suci yang menasihatinya. Agar Sang Putri menyucikan diri dengan melompat ke laut untuk mendapatkan kesembuhan, mengembalikan kecantikannya, sekaligus beroleh kekuatan untuk membalas penderitaan yang dia alami.

Putri pun terbangun, dan tanpa ragu melompat ke tengah gulungan ombak yang menderu. Tenggelam jauh ke dasar laut selatan.

Mimpinya pun menjadi kenyataan. Sang Putri kembali sembuh dan cantik, ia pun beroleh kekuatan serta keabadian. Namun…….Sang Putri harus tetap bersemayam dilaut selatan. Sejak itulah ia menjelma menjadi Nyi Loro Kidul (Loro = derita, Kidul = selatan), sang Ratu penguasa Laut Selatan.

Dan dimulailah suatu babad baru……..berbekal kekuatannya, Nyi Loro Kidul acap membalas dendam atas penderitaan yang pernah dia alami…….dengan meminta korban……..khususnya keturunan para selir Prabu Siliwangi yang pernah menyakitinya.

Sebuah dendam ……………yang tak lekang dimakan Waktu dan Jaman………..

About these ads
 
2 Comments

Posted by on February 7, 2009 in Uncategorized

 

Tags:

2 responses to “Babad Laut Selatan, Nyi Loro Kidul

  1. gungun

    March 24, 2010 at 3:32 pm

    wah ceritanya cukup menarik!

     
  2. Djenambang Bin Tandjak

    June 9, 2009 at 7:39 am

    Wah.. Sayang sekali cerita itu tidak ilmiah. Kenapa dendamnya hanya pada keturunan Prabu Siliwangi..?! Jangan terlalu emosi dulu dong.. Korban di pantai selatan itu bukan orang lokal saja khan..

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: