RSS

Benarkah Taman Bergantung Babylonia Pernah Ada??

29 Dec

Kali ini saya akan mencoba untuk bercerita tentang sebuah peradaban yang terkenal dengan Hanging Wall-nya. Babylonia. Peradaban yang sampai sekarang masih menyisakan rasa kagum akan karya-karyanya.

capturae

Babylon, ibukota dari babylonia, imperium kuno Mesopotamia merupakan sebuah kota yang terletak di dekat sungai Euphrates yang sekarang dikenal sebagai Irak selatan. Berdasarkan sejarah, dinasti pertama dari Babylon didirikan oleh Hammurabi pada masa Neo-Babylonian setelah kehancuran imperium Assyrian. Babylon menjadi salah satu kota terpenting pada zaman Timur Tengah kuno ketika Hammurabi (1792-1750 BC) menjadikannya ibukota kerajaan Babylonia.

Literature bangsa babylonia dibangun dengan sangat bagus dan rekaman cuneiform yang berhasil ditemukan menunjukkan agama, sejarah dan ilmu pengetahuan sangat berkembang. Obat-obatan, kimia, alchemy, botany, matematika dan astronomi juga dipraktikkan. Agama dan tulisan kuno yang berbentuk cuneiform ini berasal dari kebudayaan Sumer yang lebih tua. Mereka juga mengembangkan bentuk abstrak dari tulisan berdasarkan symbol cuneiform (berbentuk baji). Tulisan ini ditulis di tanah lempung yang basah dan dibakar dibawah terik matahari.

“Dongeng tentang penciptaan” bangsa babylonia ditulis dalam tujuh lembaran tanah liat dan ditampilkan serta dibacakan pada festival tahun baru di Babylon. Lembaran-lembaran ini mengisahkan tentang kesuksesan Tuhan Kota Babylon, Marduk dan bagaimana Marduk bisa menjadi tuhan tertinggi, raja semua tuhan yang ada di surga dan bumi.

Bangsa Babylonia mempunyai system angka yang lebih maju dari yang kita miliki sekarang, dengan system posisi dengan dasarnya 60. Mereka juga membuat tabel untuk membantu dalam proses perhitungan. Mereka membagi hari sama seperti yang sekarang kita lakukan , 24 jam dengan 60 menit untuk setiap jam dan setiap menit 60 detik.

Adat kebiasaan bangsa Babylonia ini ikut mempengaruhi bangsa Assyria dan turut memberikan kontribusi terhadap sejarah Timur Tengah dan Eropa Barat dikemudian hari. Babylonia mengalami kemerosotan dan jatuh kedalam anarki sekitar 1180 BC, tetapi kemudian tumbuh berkembang kembali sebagai Negara bagian dari imperium Assyria setelah abad ke 9 BC. Babylon akhirnya dihancurkan pada 689 BC oleh bangsa Assyria dibawah kepemimpinan SennaCherib, tetapi kembali dibangun lagi. Nabopolassar mendirikan apa yang sekarang dikenal sebagai Chaldean atau Imperium baru Babylonia pada 625 BC, dan akhirnya mencapai masa keemasannya dibawah pemerintahan anaknya Nebuchadnezzar (604-562 BC).

Kejayaan serta kemegahan Babylon menjadi terkenal dan melegenda sejak naik tahtanya Nebuchadnezzar, yang dipercayai sebagai pendiri Taman Bergantung Babylonia. Disebutkan bahwa taman itu dibangun oleh Nebuchadnezzar untuk menghibur istrinya atau selirnya yang sangat gemar berada didaerah yang dikelilingi oleh pegunungan. Semenjak itulah taman bergantung, satu dari tujuh keajaiban dunia diperkirakan ada.

Dalam literature Babylonia, tidak ditemukan adanya rekaman sejarah tentang taman bergantung, dan laporan yang sangat deskriptif berasal dari ahli sejarah bangsa Yunani. Dalam lembaran tanah liat yang berasal dari periode Nebuchadnezzar, deskripsi tentang istananya, kota Babylon dan dindingnya ditemukan, tetapi tidak ada satupun referensi yang ditemukan tentang taman bergantung. Sebagian ahli sejarah percaya bahwa legenda taman bergantung hanyalah cerita campuran tentang taman dan pohon palm di Mesopotamia, istana Nebuchadnezzar, the tower of Babel, dan ziggurats yang diceritakan oleh tentara Alexander ketika mereka kembali ke kampung halamannya. Pada abad ini, beberapa struktur yang diperkirakan adalah bagian dari taman bergantung ditemukan. Archeologists sedang mengumpulkan bukti untuk mencapai kesimpulan tentang lokasi taman, system irrigasinya, dan wujud aslinya.

Sumber dari bangsa Yunani menyebutkan bahwa taman bergantung berbentuk quadrangular, setiap sisi panjangnya 4 plethora, terdiri dari arched vaults di pondasinya. Taman ini mempunyai tumbuhan yang ditanam diatas permukaan tanah, dan akar dari tanaman ini melekat di teras bagian atas, bukan didalam bumi. Seluruh massanya didukung oleh colom batuan. Air dipompa ke atas dan dibiarkan mengalir menuruni lereng, mengairi tumbuh-tumbuhan.

Penggalian archeology terbaru berhasil menemukan pondasi dari istana Nebuchadnezzar. Penemuan lainnya yang mendukung adanya taman bergantung termasuk kolong bangunan dengan dinding yang tebal dan irrigasi yang dekat dengan istana selatan. Sekelompok archeologist melakukan survey di istana selatan dan merekonstruksi kolong bangunan sebagai taman bergantung. Ahli sejarah Yunani, Strabo, mengatakan bahwa taman bergantung terletak di sungai Euphrates. Yang lainnya berpendapat bahwa lokasinya sangat jauh dari sungai Euphrates berdasarkan penemuan dari kolong bangunan yang terletak beberapa ratus yard dari sungai. Tempat beradanya istana telah direkonstruksi dan diperkirakan taman bergantung terletak didaerah yang merentang dari sungai ke istana. Dinding yang massif, tebal 25 kaki baru-baru ini ditemukan di pinggir sungai, yang kemungkinan merupakan langkah untuk membentuk teras yang dideskripsikan dalam referensi yunani.

Sampai saat ini, legenda Taman Bergantung masih belum bisa dipastikan kebenarannya dan masih belum bisa dikatakan juga itu hanya dongeng belaka. Archeologist masih sedang berusaha mencari bukti peninggalan zaman Nebuchadnezzar.

Pada tahun 538 BC, pemimpin terakhir Babylonia menyerah kepada Cyrus Agung dari Persia. Dan ini adalah pertanda berakhirnya dinasti Chaldean dan Babylonia.

Hammurabbi

Hammurabbi adalah raja Babylonia yang memerintah sejak 1792-1750 BCE. Permulaan lahirnya Babylonia dianggap dimulai sejak pemerintahan Hammurabi, walaupun sebenarnya dia adalah raja ke 6 dari dinastinya.

Hammurabi dikenal dengan kitab undang-undangnya yang kemungkinan bukan hasil ciptaan dia, tetapi kelanjutan dari system resmi yang telah ada sebelumnya.

Walaupun Hammurabi berhasil memenangkan banyak peperangan semasa periode akhir pemerintahannya, dia tetap bukan seorang state builder yang hebat. Dia tidak mendirikan fungsional birokrasi dan memilih untuk mengikuti pendekatan total dalam pemerintahannya. Hammurabi sangat aktif dalam membangun dan memperbaiki tempat ibadah, dinding kota dan gedung publik, membangun kanal untuk irigasi dan juga berperang. Hal utama yang menjadi perhatian Hammurabi semasa pemerintahannya adalah untuk menjamin penguasaan penuh bangsa Babylonia atas sungai Euphrates, sumber kehidupan negaranya.

Selama 25 tahun pemerintahannya, bangsa Babylonia merupakan korban dari desakan dan gangguan dari kota dan Negara tetangganya. Saingan utamanya adalah Larsa, Mari, Ashur dan Eshnunna, Negara yang pada saat suatu saat nanti akan menjadi temannya.

Mungkin Hammurrabi adalah penguasa yang paling terkenal di masa awal munculnya peradaban Mesopotamia, tetapi salah jika menganggap dia adalah yang paling berperan dan yang paling penting.

Nebuchadnezzar

Merupakan raja Babylonia yang memerintah sejak 605 BC – 561 BCE dan merupakan raja kedua dari Dynasti Chaldean. Nebuchadnezzar adalah salah satu dari raja terhebat yang pernah memerintah di Timur Tengah, tetapi di dunia barat Cuma dikenal sebagai penakluk jerussalem dan memulangkan kembali raja Judah, Jehoiakim dan pengikutnya ke Babylonia. Keberhasilan utamanya adalah berhasil membangun kembali Babylonia setelah kehancurannya, membangun taman Bergantung (yang kemungkinan tidak pernah ada dan merupakan dongeng belaka), membangun kembali temple Marduk dan Ziggurat .

Untuk mendukung pertahanan kota Babylon, Nebuchadnezzar juga berhasil membangun Dinding Median. Dinding ini dibuat untuk mencegah aksi penyerangan dari bangsa Medes di Utara, bangsa yang tumbuh menjadi sangat kuat semasa pemerintahannya.

Ayahnya adalah Nabopolassar, yang merupakan pendiri dari dinasti Chaldean. Nebuchadnezzar mengklain bahwa dirinya adalah keturunan dari raja Akkadian, Naram-sin. Dia juga memploklamirkan bahwa ia telah dijamin kekuasaannya oleh Dewa Marduk.

jangan lupa kasih comment yah!!

resources

Kubie, Nora Benjamin, Road to Nineveh, Doubleday & Company, Inc.,

Smith, George, Assyrian Discoveries,

Sampson Low, Marston, Low and Waterfield, Gordon, Layard of Nineveh, Frederick A. Praeger, New York, New York, 1968

About these ads
 
23 Comments

Posted by on December 29, 2008 in Uncategorized

 

Tags:

23 responses to “Benarkah Taman Bergantung Babylonia Pernah Ada??

  1. Angga joe amstrong

    March 26, 2012 at 7:20 am

    Taman bergantung..
    Hmm, hebat juga ya? Ternyata bangunan2 hebat di dunia ini semuanya adlh ungkapan cinta.

    Kira2 ap yg nanti gw bangun buat someone beloved yaa? Haha^_^

     
  2. afif

    April 25, 2011 at 12:35 pm

    saya nk tanya,kerajaan babylonia ini berasal dari mana??

     
  3. H-Peace

    April 14, 2011 at 6:24 pm

    nice post, saya jadi dapet info tentang taman legendaris buatan salah satu peradaban tertua yg pernah ada, sayang info tentang Babylonia terkesan masih minim, mudah2an kedepannya makin banyak ditemukan fakta2 tentang kerajaan kuno itu.

     
  4. Ada Deh !

    April 2, 2011 at 1:34 pm

    Kenapa disebut taman bergantung ya ?

     
  5. Amat

    March 21, 2011 at 6:38 am

    សមាគមន៏ប្រជាជាតិអាស៊ីអាគ្នេយសមាគមន៏ប្រជាជាតិអាស៊ីអាគ្នេយសមាគមន៏ប្រជាជាតិអាស៊ីអាគ្នេយ

     
  6. santoso

    July 30, 2010 at 12:34 am

    Sejarah Babylonia dan Nebukadnesar sebagian diceritakan di Kitab Suci agama Kristen Perjanjian Lama dan boleh dikatakan sejalan/paralel dengan kisah sejarah dunia. Ini membuktikan bahwa cerita2 dalam Kitab Suci itu riil/fakta dan bukan dongeng belaka

     
    • naemah

      October 21, 2013 at 4:45 am

      wajar pun ada..semua kitab mmg ada menyebut keagungan tamadun terdahulu. tiada yang terkecuali kalau dilihat dalam 4 kitab

       
  7. Pandapotan Sitorus

    June 21, 2010 at 2:53 am

    MEYAKINKAN KITA BAHWA ALLAH MENCIPTAKAN MANUSIA PERTAMA DI TAMAN EDEN,DIMANA MENGALIR S,EUFRAT DAN S.TIGRIS. SAYANG IRAQ TIDAK DIJAGA KELESTARIANNYA.

     
  8. Yh

    March 20, 2010 at 1:36 pm

    Wah seru jg membaca sejarah2 sebelum masehi,trims ats tulisanx

     
  9. haliza

    December 11, 2009 at 6:02 am

    ermm…
    teruskan usaha untuk mencari bukti kewujudan taman indah ini..
    moga ada hasilnya..buktikan pada saya kamu boleh..
    chaiyok!!!

     
  10. boik

    October 22, 2009 at 1:08 pm

    nice artikel…tp klo bisa tambah lg gbrnya..and tmbhkan program utk share ke situs jejaring sosial, utk wawasan tmn2 di dunia ini….makasih……

     
  11. oemar

    August 13, 2009 at 12:01 pm

    yang benar-benar tahu hanya mereka yang hidup pada zaman itu…

     
  12. fatarana

    May 30, 2009 at 3:43 am

    waduh….ntar deh kalo aq udah tau cara ngupload gambar yg baik n bener baru ku masuin…maklum,baru blajar ngeblog…

     
  13. ekselin

    May 6, 2009 at 6:53 am

    waw,,,,,,mana gambar nya??????????
    qt tu btuhny gambar!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

     
  14. herlina

    January 20, 2009 at 3:10 am

    bagus tulisan sejarah tentang iraq..kalo bisa dikasih sumbernya..karena yang ditulis adalah sejarah…thanks berat..kalo bisa banyak menulis sejarah-sejarah peradaban manusia

     
  15. ataherster

    January 2, 2009 at 4:00 am

    nice blog

     
  16. fatarana

    January 1, 2009 at 12:08 am

    thanks idenya nora….sebenernya that’s my next planning, but karena skrg gi sibuk ujian, tugas besar dll akhirnya blum kesampaian deh! InsyaAllah Klo da waktu bakalan Saya share…

     
  17. opotangkring

    December 31, 2008 at 8:59 am

    assalamualaiku…salam kenal ya mas…bloknya oke banget nih tukaran link ya mas

     
  18. nora

    December 31, 2008 at 8:39 am

    assalamualaikum…
    sejarah tentang kejayaan bangsa2 peletak pertama sendi2 kebudayaan dunia memeng cukup menarik untuk ditelusuri, salah satunya kebudayaan bangsa babylonia(irak) dengan sungai efrat dan tigris sebagai urat nadinya.
    selain itu bangunan bangunan peninggalan mereka sebagai tolak ukur kemajuaan iptek mereka masa itu tak kalah dengan bangunan zaman sekarang…

    oya klau bisa, bahas juga peradaban kuno lainnya dong, seperti peradaban mesir kuno, maya,inca dan astec di amerika, mohenjo daro dan harappa di india, peradaban cina(sungai huang ho), tp plg seru tntg mesir dan sungai nilnya, palagi kita bisa menyisipakan cerita versi alquran…
    lebih keren kan…salam kenal ya

     

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: